penyebab keputihan pada wanita

penyebab keputihan pada wanita

Tahukah Anda bahwa keputihan yang sering terjadi pada wanita dewasa bisa dipicu oleh berbagai macam hal? Mulai dari kurang terjaganya kebersihan organ intim, stres, konsumsi makanan, dan parasit ternyata dapat menjadi penyebab keputihan pada wanita. Keputihan yang terjadi tentu sangat mengganggu karena menimbulkan ketidaknyamanan pada Anda, oleh karena itu disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan merawat organ intim dengan seksama, menerapkan pola hidup, dan pola makan sehat dengan menu seimbang.    

Berikut ini adalah berbagai penyebab terjadinya keputihan

·   Pola makan yang tidak seimbang
Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi dan mengandung ragi disebut-sebut dapat memicu terjadinya keputihan karena kedua bahan tersebut akan mempengaruhi berkembangnya pertumbuhan jamur candida penyebab terjadinya keputihan. Buah-buahan yang juga bisa menjadi pemicu keputihan adalah bengkuang, nanas, dan mentimun.

·   Konsumsi obat
Keputihan bisa juga disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi obat seperti obat-obatan yang mengandung antibiotika yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Selain itu kontrasepsi pencegah kehamilan oral atau pil KB juga bisa menjadi penyebab keputihan pada wanita.

·   Parasit
Parasit thricomonas vaginalis, jamur candida, bakteri gardnella, dan beberapa jenis virus adalah mikroorganisme yang bisa menginfeksi organ kewanitaan dan menyebabkan terjadinya keputihan abnormal. Keputihan dikatakan abnormal jika menunjukkan gejala-gejala keluar cairan yang berlebihan, berwarna putih keruh, kuning pekat, atau hijau, berbusa, berbau busuk atau amis, dan kadang-kadang bercampur darah. Jika keputihan yang Anda alami menunjukkan gejala tersebut, sebaiknya Anda tidak menunda lagi untuk mengunjungi dokter.

·   Stres
Keputihan yang terjadi pada wanita aktif atau wanita bekerja, bisa dipicu oleh stres atau tekanan yang tinggi. Jika kita mengalami stres, seluruh sistem tubuh akan mengalami kekacauan dan bila terjadi secara terus-menerus tentu akan memicu terjadinya penyakit, termasuk keputihan.

Demikianlah berbagai hal yang merupakan "penyebab keputihan" yang kerap menyerang wanita. Setelah mengetahui penyebabnya tentu lebih mudah untuk menghindari penyakit ini, bukan? Selain itu dengan mencegah terjadinya penyakit tentu akan lebih baik dari pada mengobatinya, karena Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos berobat yang mahal.

Baca juga:
keputihan gejala dan penanganannya
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil