Mengurangi nyeri haid dengan ramuan alami

obat herbal nyeri haid

Setiap manusia mengalami perubahan biologis di dalam tubuhnya mengikuti pertambahan usia. Khususnya wanita mengalami beberapa tahap perubahan secara alami seperti mengalami haid, mengalami masa subur, mengandung dan melahirkan, hingga mengalami monopause. Haid atau dikenal istilah datang bulan merupakan tamu wanita setiap bulannya, namun ada sebagian wanita yang tidak mengalami haid teratur. Bagi wanita saat mengalami masa haid terkadang mengalami keluhan yang disebabkan oleh nyeri haid.

Nyeri saat haid sebenarnya merupakan hal yang wajar bagi wanita, hampir semua wanita pernah merasakannya namun yang menjadi masalah jika hal tersebut dapat mengganggu aktivitas dan kehidupan sehari-hari.Ada beberapa hal yang menyebabkan nyeri saat haid yaitu :
 ·   Terjadi peradangan selaput lendir pada rahim setelah persalinan atau keguguran, kadang juga disebabkan oleh penyakit kelamin.
·    Inveksi pada rongga ginjal yang mengarah ke kandung kemih (pelvis)
·    Pemakaian spiral
·    Tumor jinak yang tumbuh pada rahim (fibroid)
·    Terdapat benjolan kecil pada rahim sehingga menimbulkan perdarahan yang banyak dan biasanya menghasilkan gumpalan darah.
·    Endometriosis yaitu radang pada rahim berupa pertumbuhan jaringan ditempat lain di bagian panggul.

Tipe masalah nyeri haid

Masalah nyeri saat datang bulan di bagi menjadi dua, yaitu nyeri primer dan nyeri sekunder.

·    Nyeri primer adalah nyeri yang berasal dari organ di dalam panggul yang tidak berhubungan dengan kelainan penyakit atau terjadi secara fisiologis. Timbulnya nyeri ini bisa terjadi 2-3 tahun pasca haid pertama dan mencapai puncak saat wanita berusia 15-25 tahun, rasa nyeri akan berkurang mengikuti pertambahan usia dan bisa menghilang ketika wanita melahirkan secara alami. Daerah terjadinya nyeri pada bagian bawah perut ke bagian dalam paha bahkan bisa menyebar ke tulang punggung. Gejala yang ditimbulkan nyeri primer antara lain sakit kepala, diare, mual, muntah, dan perut kembung bahkan dapat mempengaruhi emosi seperti cemas, gelisah dan mudah marah.

·    Nyeri sekunder berhubungan dengan penyakit (patologis) atau kelainan struktur rahim. Dysmenorrhea sekunder dihubungkan dengan penyakit pelvis organik yang bisa disebabkan oleh tumor jinak, inveksi dan terjadi penyatuan tidak normal antara organ di dalam perut. Nyeri sekunder jarang ditemukan pada wanita, sekitar 25% wanita yang mengalami nyeri haid. Masalah ini timbul sekitar 1 tahun setelah haid pertama. Bagi wanita yang berumur 40 tahun keatas dan masih merasakan nyeri diharapkan segera memeriksakan diri ke dokter.

Nyeri primer dibagian perut dapat digambarkan sebagai rasa kram yang dialami sebelum atau pada awal menstruasi.Kram tersebut dikenal dengan istilah dimenorea yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Namun jangan merasa khawatir karena ada cara alami untuk mengatasi "nyeri haid" saat menjelang menstruasi. Dengan mengonsumsi suplemen atau ramuan alami yang bisa mengurangi rasa sakit.

Ramuan alami

Beberapa ramuan alami pereda rasa nyeri saat menstruasi adalah:

1.   Daun Beluntas
Dengan melumatkan daun beluntas, garam dan asam jawa, kemudian rebus sampai mendidih. Setelah mendidih tunggu sampai dingin dan saring, agar nyeri cepat mereda minum 2 gelas sehari pagi dan sore.
2.   Buah Nanas
Buah nanas mengandung bromelain yang berfungsi membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Kupas kulit buah nanas, hilangkan bijinya, potong kecil-kecil, campurkan sedikit air dan masukkan ke blender. Jus nanas bisa diminum setiap hari selama masa haid.
3.   Jus Lidah Buaya
Ambil bagian dalam lidah buaya yang berwarna putih dan campurkan madu 1 sendok teh, aduk sampai merata kemudian diminum.  Ramuan ini bisa diminum 3 kali sehari. Lidah buaya dipercaya dapat memperlancar peredaran darah sehingga membantu menghilangkan rasa nyeri haid.
4.   Air Jahe
Cara membuat air jahe cukup sederhana, ambil jahe yang telah dibersihkan, parut dan peras airnya. Atau bisa juga dikeprek kemudian di rebus, lalu minum air rebusan jahe tersebut. Minum 3 kali sehari sampai rasa nyeri berkurang.

Selain ramuan alami diatas makanan yang mengandung  kalsium dan magnesium juga dapat membantu meringankan kontraksi otot. Beberapa contoh makanan tinggi kalsium adalah labu, brokoli, sayur berdaun hijau seperti bayam, dan kacang-kacangan. Untuk suplemen sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter adapun suplemen yang baik yang mengandung vitamin D, vitamin E, omega-3, kalsium dan magnesium. Dari pola makanan yang teratur sangat membantu melancarkan peredaran darah dan dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Namun ada juga beberapa hal lain yang harus dilakukan untuk mengantisipasi rasa kram saat haid tersebut antara lain :

·         Hindari Diet Berat. Wanita yang sedang berdiet hendaknya mengurangi dietnya saat sedang menstruasi, karena diketahui saat haid darah yang keluar sangat banyak sehingga tubuh sangat membutuhkan banyak makanan yang mengandung gizi yang sehat sehingga dapat mengembalikan energi yang hilang saat menstruasi.
·         Hindari Minuman Dingin. Banyak orang mengatakan bahwa meminum minuman dingin saat haid sangat berbahaya. Air dingin dapat menghambat lancarnya darah kotor yang keluar akibatnya menimbulkan rasa kram saat menstruasi.
·         Hindari alkohol dan kafein. Tidak hanya bagi wanita hamil, saat haid pun hendaknya menghindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein karena dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan rasa kram saat haid. Untuk itu sebaiknya mengkonsumsi air putih yang banyak.
·         Olahraga ringan saat haid. Saat menstruasi hendaknya melakukan olahraga ringan jangan terlalu berat. Olahraga ringan dapat membuat stress dan rasa nyeri haid berkurang. Seperti yoga yang dapat membuat tubuh menjadi rileks dan melenturkan otot-otot bagian perut.

Nyeri saat menstruasi yang dialami hampir semua wanita merupakan hal yang lumrah, namun perlu ditangani dan diperiksakan ke dokter untuk menghindari hal lebih buruk karena nyeri bisa saja ditimbulkan karena adanya penyakit pada rahim. Selain itu perlu memperhatikan pola makan dan ramuan herbal atau suplemen yang bergizi agar membantu mengurangi rasa nyeri haid saat menstruasi.

Baca juga:
Penyebab keputihan
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil