Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Hamil

makanan yang harus dihindari saat hamil

Masa-masa kehamilan adalah saat yang ditunggu bagi semua wanita, dan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama pada trimester awal kehamilan. Pola hidup dan pola makan Anda harus menyesuaikan dengan perubahan hormon. Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat hamil karena makanan tersebut diyakini bisa ‘mengganggu’ kehamilan Anda.

Saat pemilihan inilah biasanya muncul pertanyaan makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan makanan apa yang harus dihindari. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat hamil:

1.    Makanan mentah atau setengah matang
Bagi ibu penyuka sushi, baiknya menghindari makanan ini selama masa kehamilan. Selain itu, mengkonsumsi daging setengah matang akan membuat tubuh Anda berisiko tinggi dari terkontaminasinya bakteri toksoplasmosis, Ecoli, atau Salmonella yang bisa membahayakan janin Anda.
Tak hanya daging atau ikan mentah, telur mentah atau setengah matang juga mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi mayones karena juga mengandung telur mentah. Produk mentah lain yang harus dihindari adalah sayuran dan buah-buahan mentah atau yang tidak dicuci.

2.    Hot dog, Sosis, Daging asap
Ketiga produk olahan ini rentan mengandung bakteri Listeria yang bisa menyebabkan kematian saat bayi lahir, keguguran, dan masalah kesehatan serius lainnya.

3.    Susu dan Jus yang tidak dipasteurisasi
Mengkonsumsi susu dan jus yang tidak dipasteurisasi akan meningkatkan resiko tubuh terkontaminasi bakteri Ecoli dan kuman lainnya. Anda perlu memeriksa label produk untuk memastikannya.

4.    Produk ikan tertentu
Berikutnya adalah produk ikan besar seperti ikan todak, hiu, atau king mackerel. Ikan-ikan tersebut biasanya mengandung merkuri yang tinggi yang bisa mengganggu pertumbuhan otak dan sistem saraf anak dalam kandungan Anda. Hindari juga ikan-ikan yang diperoleh dari tangkapan di sungai karena biasanya sudah terpapar polusi.

5.    Minuman beralkohol
Menkonsumsi alkohol dapat menghambat oksigen dan penyerapan nutrisi sehingga mengganggu perkembangan normal janin. Akibatknya, saat lahir, bayi bisa mengalami cacat fisik yang sifatnya permanen.

Karena makanan memainkan peran penting untuk asupan gizi si calon buah hati, Anda harus benar-benar teliti dan memilih makanan dengan gizi dan nutrisi yang cukup untuk dikonsumsi. "Makanan yang harus dihindari saat hamil" ini bukanlah masalah mitos atau sebagainya, melainkan berkaitan dengan kesehatan anda dan janin anda.

tips sehat anak bayi dan balita