belajar cara menghitung masa subur

menghitung masa subur
Apakah Anda dan suami sangat mendambakan anak? Agar bisa cepat memperoleh anak, pasangan harus memastikan bahwa si suami melakukan pembuahan tepat pada masa subur si wanita. Karena itu, cara menghitung masa subur sangat penting agar pasangan bisa memastikan pembuahan terjadi pada masa yang tepat. Bahkan, pengetahuan tentang menghitung masa subur sebaiknya diperoleh sejak saat belum menikah, dan dilakukan baik oleh istri maupun suami.

Lalu, bagaimana jika Anda termasuk pasangan yang belum ingin memiliki anak cepat-cepat? Menghitung masa subur pun ada manfaatnya, yaitu membantu Anda menghindari kemungkinan terjadinya pembuahan saat melakukan hubungan badan, dengan cara tidak berhubungan badan di masa subur si wanita.


Prinsip di Balik Menghitung Masa Subur

Masa subur berarti masa di mana sel telur dalam keadaan siap dibuahi dan rahim mulai mempersiapkan diri untuk ‘menampung’ janin. Ketika sel telur berada dalam keadaan siap dibuahi, maka kemungkinan pembuahan oleh sperma akan lebih tinggi. Sebaliknya, ketika pembuahan tidak terjadi, dinding rahim yang sudah terbentuk akan luruh dan wanita tersebut pun mengalami menstruasi.

Karena itu, proses penghitungan masa subur secara tradisional didasarkan pada "jadwal menstruasi" seorang wanita. Jika Anda sudah memasuki usia 20-an dan sudah mulai memiliki jadwal menstruasi teratur, saatnya Anda belajar cara menghitung masa subur sebagai persiapan pernikahan.. Berikut beberapa cara untuk menghitung masa subur.


Menghitung Masa Subur berdasarkan Tanggal Menstruasi

Ini adalah cara menghitung masa subur yang paling sederhana dan praktis karena Anda hanya membutuhkan kalender serta pengetahuan tentang masa menstruasi Anda sendiri. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengetahui tanggal menstruasi rutin serta mencatatnya, karena Anda membutuhkan tanggal-tanggal tersebut untuk menentukan kapan waktu subur Anda.

Cara menghitung masa subur berdasarkan tanggal menstruasi bisa diterapkan dengan dua cara berbeda, yaitu untuk Anda yang jadwal menstruasinya cenderung teratur (antara 28-30 hari) dan yang tidak teratur (tanggalnya tidak tetap setiap bulan).


Menstruasi Teratur

Untuk yang menstruasinya teratur, perhitungan. masa subur cukup sederhana yaitu sekitar 14 hari sejak haid pertama. Masa 14 hari ini juga harus dikurangi masa prasubur 3 hari dan ditambahkan 3 hari. Misalnya, jika Anda  menstruasi pada tanggal 10 , maka puncak masa subur adalah tanggal 24, sedangkan  di antara tanggal 21 hingga tanggal 27  adalah termasuk rentang waktu masa subur.


Menstruasi Tidak Teratur

Bagaimana jika menstruasi Anda tidak teratur, misalnya sering berselisih antara 5 hingga bahkan 10 hari dalam sebulan? Anda harus belajar menghitung masa subur dengan cara yang sedikit berbeda. Pertama, Anda harus telaten mencatat tanggal permulaan dan selesai menstruasi selama 6 bulan.  Kurangi siklus terpanjang dengan 11 dan terpendek dengan 18.

Misalnya, siklus menstruasi terpanjang Anda adalah 30 hari sampai menstruasi berikutnya, sedangkan siklus terpendek adalah 20 hari sampai menstruasi berikutnya. Berarti, masa subur Anda adalah hari ke (20-18) hingga (30-11), yaitu hari ke-2 hingga ke-19. Metode ini berarti Anda harus sudah mencatat siklus menstruasi bahkan berbulan-bulan sebelum masa persiapan untuk punya anak.


Menghitung Masa Subur dengan Cara Modern

Banyak orang lebih suka menghitung masa subur dengan metode tradisional karena merasa lebih pasti, namun jika Anda lebih suka praktis, gunakan alat penghitung masa subur alias kalkulator khusus yang kini sudah banyak tersedia di berbagai forum kebidanan dan ginekologi. Akan tetapi, untuk berjaga-jaga, Anda sebaiknya tetap belajar bagaimana cara menghitung masa subur agar bisa mencocokannya dengan kalkulator masa subur.

Baca juga:
Obat penyubur kandungan alternatif/ herbal

tips sehat anak bayi dan balita