Tips agar Haid Lancar dengan Ramuan Tradisional

tips agar haid teratur


Apakah anda mengalami haid  tidak lancar? Tunggu dulu, anda tidak perlu khawatir atau berpikiran terlalu jauh mengenai isu yang satu ini. Jika anda mengalami haid yang tidak lancar setiap bulannya, bisa jadi terdapat gangguan dengan hormon kewanitaan anda sehingga mekanisme haid yang seharusnya datang secara teratur menjadi tidak beraturan. Namun, sebelum anda menggunakan obat-obatan kimia sebagai tips agar haid lancar, anda perlu memperhatikan alternatif yang lebih aman, yakni ramuan tradisional.

Jika anda mengalami keterlambatan haid satu atau dua hari, hal tersebut masih tergolong sebagai gejala normal dan biasa terjadi bagi siapa saja. Namun, jika keterlambatan anda sampai seminggu, sebulan atau lebih, maka kemungkinan ada yang tidak beres. Mungkin saja anda sedang hamil atau memang mekanisme haid anda yang bermasalah. Sebelum anda memeriksakan ke dokter spesialis mengenai keluhan ini, sebaiknya anda mencoba "tips agar menstruasi lancar" dengan ramuan tradisional, berikut ini:

1.      Ramuan Bunga Kembang Sepatu
Siapkan 3 kuntum bunga kembang sepatu, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, tumbuk dan giling sampai halus dan masak dengan tambahan 1 gelas air serta cuka secukupnya. Apabila rebusan ramuan tersebut sudah mendidih, peras dan saring hingga didapat air yang jernih. Minum air ramuan tersebut 3 kali sehari sebanyak setengah gelas secara teratur. Ramuan ini dapat membantu memperlancar haid anda.

2.      Ramuan Daun Pepaya
Ramuan daun papaya memang dikenal sangat manjur sebagai obat tradisional untuk memperlancar haid. Anda cukup menyiapkan beberapa helai daun papaya yang muda dan segar, lalu cuci daun tersebut hingga bersih. Kemudian rebus dengan perbandingan air satu gelas dan dua helai daun papaya. Ketika mendidih, saring ramuan tersebut. Anda dapat mencampurkannya dengan asam dan garam untuk mengurangi rasa pahit dari daun papaya tersebut. Minum ramuan daun papaya selagi hangat.

3.      Ramuan Jeruk Nipis
Selain sebagai obat batuk, jeruk nipis juga dapat berfungsi sebagai tips agar haid lancar. Ambil air jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan lalu campur dengan air panas dan madu. Agar efeknya lebih kuat, minum ramuan ini 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

4.      Ramuan Kunyit
Kunyit yang dikenal dengan nama ilmiahnya Curcuma Domestica Val ini selain digunakan sebagai bumbu dapur, juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kunyit bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan memperlancar haid. Parut kunyit dan campurkan dengan air, lalu masak hingga mendidih. Setelah diangkat, saringnya hingga menghasilkan ramuan jernih yang dapat anda minum. Jika anda merasa tidak nyaman dengan rasa kunyit tersebut, anda dapat menambahkan asam atau madu.

5.      Ramuan Daun Bayam
Tidak banyak yang tahu bahwa daun bayam dapat berguna memperlancar haid. Dengan mengambil segenggam daun bayam duri, batang bayam 6 jari dan akarnya 1/7 genggam, anda dapat mengolahnya menjadi satu ramuan yang siap untuk membantu ketidakteraturan mekanisme haid anda. Cukup diminum dua kali sehari sebanyak satu gelas dengan campuran madu, anda akan merasakan manfaatnya anda.

Beberapa tips agar haid lancar di atas tentunya tidak sulit untuk anda terapkan di rumah. Bahan ramuan-ramuan tersebut sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari anda, karena sebagian besar merupakan bahan sayuran.  Pengobatan secara alamiah ini aman bagi anda; tidak menimbulkan efek samping dan tidak menyebabkan ketergantungan. Namun, jika setelah mencoba tips di atas anda siklus menstruasi anda belum juga lancar, tidak ada salahnya anda menghubungi dokter.

Baca juga:

Perlukah minum obat pelancar haid?
Telat datang bulan atau hamil, apa tandanya?
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil