Sistem reproduksi wanita


sistem reproduksi wanita
Menginjak masa pubertas, saat alat reproduksi pria dan wanita sudah berfungsi secara sempurna, para remaja harus mulai mempelajari alat dan sistem reproduksi pada tubuhnya agar dapat memelihara kebersihan dan kesehatan pribadi yang berhubungan dengan alat reproduksi tersebut. Wanita memang memiliki organ reproduksi yang lebih rumit dari pada pria, oleh karena itu sejak remaja para wanita harus memahami dengan seksama cara merawat organ reproduksinya, mengingat begitu banyaknya penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi wanita. Berikut ini adalah ulasan tentang alat dan sistem reproduksi wanita.

Alat reproduksi wanita terdiri dari organ reproduksi luar dan reproduksi dalam

organ reproduksi luar

·    Pubis adalah daerah yang berada di bawah pusar hingga area sebelum vagina dan akan ditumbuhi oleh rambut-rambut halus pada masa puber yang disebut rambut pubis.
·    Mulut vagina adalah daerah yang dilingkari dengan selaput tipis yang secara awam disebut sebagai selaput dara. Selaput ini tidak ada hubungannya dengan pernah atau tidaknya seorang wanita melakukan hubungan seksual, karena selaput dara memang memiliki lubang sebagai jalan keluar darah haid saat menstruasi pada "sistem reproduksi wanita".
·    Labia mayor adalah area yang terletak dari pubis hingga ujung vagina.
·    Labia minor adalah daerah yang berada di dalam labia mayor yang berupa lipatan kulit tipis dengan bentuk seperti sayap.
·    Lubang saluran kencing berfungsi untuk jalan keluarnya air seni.
·   Vestibula adalah daerah yang tertutup oleh labia minor dan berfungsi sebagai penghasil cairan pelicin untuk memudahkan terjadinya penetrasi.
·    Klitoris berada di ujung atas labia minor dan merupakan daerah sensitif yang banyak terdapat simpul syaraf. Klitoris juga disebut-sebut sebagai salah satu sistem reproduksi wanita yang dapat meningkatkan rangsangan untuk memperoleh kepuasan dalam hubungan seksual.

Organ reproduksi dalam

  • Vagina adalah sistem reproduksi wanita tempat terjadinya penetrasi untuk menyalurkan sperma demi membuahi sel telur. Vagina juga merupakan pintu keluar bagi janin yang dilahirkan serta tempat keluarnya darah menstruasi.
  • Ovarium adalah sepasang ruangan sebagai tempat diproduksinya sel-sel telur. Bila sudah siap untuk dibuahi sel telur akan keluar dari ovarium menuju tuba fallopi dengan proses yang disebut ovulasi.
  • Tuba fallopi adalah organ reproduksi yang berbentuk seperti sepasang corong dan berfungsi untuk menyalurkan sel telur yang telah matang ke dalam rahim. Di tempat inilah terjadi pembuahan sel telur oleh sperma dan sel telur yang telah dibuahi akan menuju rahim dan berkembang di sana.
  • Rahim atau uterus adalah tempat bersemayamnya ovum yang kemudian akan terus berkembang menjadi janin yang siap dilahirkan. Ukuran ovum akan membesar seiring dengan perkembangan janin dan akan kembali ke ukuran semula saat janin telah dilahirkan.

Proses terbentuknya janin

Kehamilan diawali dengan peristiwa kopulasi atau terjadinya hubungan seksual antara pria dan wanita. Pada proses ini sekitar 150 juta sperma akan berebut untuk memasuki sebuah sel telur dan bila ada sebuah sperma yang berhasil melakukan penetrasi kepada sel telur, maka itulah yang disebut pembuahan. Sel sperma lain yang tidak berhasil mendekati sel telur akan mati karena banyaknya penghalang pada sistem reproduksi wanita. Setelah itu sel akan membelah diri sehingga menjadi beberapa sel dan bergerak menuju ke rahim.

Sel telur yang telah dibuahi itu lalu mencangkokkan diri pada dinding rahim ibu dan terus membelah diri. Sebagian sel akan berkembang menjadi plasenta sementara sel-sel yang lain akan berkembang menjadi embrio (janin). Plasenta adalah organ yang berfungsi untuk melindungi janin dari infeksi, mentransportasikan sari-sari makanan dari ibu kepada calon bayi, memproduksi hormon-hormon kehamilan, dan membawa sisa-sisa pembuangan dari janin kepada ibu. Jika seluruh proses ini terjadi secara sempurna maka pada usia kehamilan 40 minggu, bayi akan siap dilahirkan.  
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil