Ejakulasi Dini Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Ejakulasi dini apa penyebabnya? 

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada kaum pria adalah masalah ejakulasi dini. Masalah ini merupakan masalah yang sangat sensitif bagi setiap pria. Tak jarang banyak pria yang menyembunyikan hal ini dan diam-diam mencari tahu bagaimana solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini. Lalu apakah "ED" pada pria itu? 

ejakulasi dini
Ejakulasi dini adalah ejakulasi yang terjadi tanpa kendali sebelum dan sesudah melakukan penetrasi seks meskipun dibawah stimulasi minimal. Jika hal ini terjadi, biasanya akan menimbulkan ketidakpuasan yang berujung pada ketidaknyamanan pada diri pasangan yang mengalaminya. Tidak hanya itu, para pria yang mengalami masalah ini sangat mengkhawatirkan kepuasan sang pasangan ketika melakukan hubungan seksual. Alhasil banyak pria yang merasa gugup saat pasangan mengajaknya untuk bercinta. Masalah ini jika tidak segera diselesaikan akan berdampak pada kehidupan setiap pria.

Sejauh ini penyebab ejakulasi pada pria belum diketahui secara pasti. Ejakulasi dini bisa terjadi karena pengalaman seks dan umur yang masih terlalu muda pada pria saat melakukan hubungan suami istri. Hal ini juga bisa terjadi ketika seorang pria menemukan pasangan baru setelah lama tidak melakukan sebuah hubungan dengan wanita lain. Masalah pada pria ini juga bisa dipicu oleh pengaruh atau efek samping dari obat-obatan, masalah pada hormon, cedera dan lain-lain.

Ejakulasi dini pada pria bisa diketahui dengan beberapa gejala. Salah satunya bisa diketahui dengan tidak terkontrolnya proses ejakulasi baik sebelum atau sesaat sesudah kegiatan hubungan seksual dimulai. Ejakulasi bisa terjadi ketika seseorang belum menginginkannya, bahkan bisa terjadi hanya dengan stimulasi kecil saja.

Dalam beberapa kasus, masalah ini bisa berubah dengan sendirinya tanpa harus diobati dengan perawatan medis. Selain itu ada cara lain dalam melakukan perawatan masalah ini, yaitu dengan melakukan latihan dengan cara senam relaksasi atau menggunakan metode lain seperti metode pengalihan. Menurut penelitian, pria yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol, tembakau atau obat terlarang beresiko besar untuk mengalami masalah ini. Untuk itu bagi pria yang kemudian membuang kebiasaan tersebut diyakini bisa sembuh dari masalah ejakulasi dini.

Beberapa dokter menyarankan pria dan pasangannya untuk melakukan teknik khusus untuk mengatasi ejakulasi dini. Teknik ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan mengendalikan sensasi yang dapat memicu terjadinya ejakulasi. Selain itu setiap pasangan juga dianjurkan untuk dapat berkomunikasi agar bisa memperlambat atau menghentikan stimulasi.

Berikut ini ada beberapa tips bagi pria yang mengalami ejakulasi dini:

1.      Bernapas dalam-dalam

Usahakan untuk tidak terburu-buru ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Jika Anda ingin melakukannya dengan segera, bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan Anda, sehingga pasangan Anda bisa memahaminya.

2.       Kuatkan otot Mr.P Anda

Cara lain dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menguatkan otot Mr. P Anda saat melakukan hubungan seksual. cara ini bisa dilakukan dengan sering melakukan latihan setiap hari secara rutin dan teratur. Untuk memperkuat otot, Anda harus bisa memperkuat ketahanan tubuh agar stimulasi pada otot bisa berkembang. Lakukan latihan awal selama lima menit lalu setelah tiga minggu berikutnya tingkatkan menjadi enam menit dan seterusnya. Perlu diingat untuk melakukan hal ini sedikit demi sedikit agar otot penis Anda tidak kaget.

3.       Terbukalah pada pasangan

Konsultasikan hal ini pada pasangan Anda dan percayalah jika menutup-nutupi masalah bukanlah hal yang tepat. Setelah Anda terbuka dengan pasangan Anda, mintalah dia untuk mengerti masalah Anda.

4.       Bercinta di pagi hari

Melakukan kegiatan seksual dengan pasangan di pagi hari menjadi salah satu cara dalam mengatasi masalah ejakulasi dini pada pria. Seks di pagi hari identik dengan seks yang buru-buru karena pasangan diburu waktu untuk melakukan pekerjaan. Pria juga akan tampil lebih prima karena telah beristirahat semalaman. Sehingga dia bisa lebih fokus, tenang dan penuh energi di pagi hari.

5.       Menjaga kesehatan tubuh

Memiliki tubuh yang sehat tentu saja akan memberikan daya tahan  yang tinggi saat melakukan kegiatan seksual dengan pasangan. Sehingga nantinya Anda akan menghasilkan performa yang baik saat bercinta dengan pasangan. Untuk itu asupan makanan sehari-hari perlu diperhatikan dengan sangat baik. Perbanyaklah untuk mengonsumsi kacang-kacangan  atau biji-bijian, daging merah dan susu. Sayuran dan buah juga sangat baik untuk kebutuhan vitamin Anda. Pilihlah sayuran berwarna merah yang dapat meningkatkan tingkat kesuburan Anda. Pastikan Anda tidak menunda waktu makan Anda sehingga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

6.       Pilih posisi bercinta yang tepat

Ejakulasi dini pada pria biasanya bisa mudah terjadi ketika pada saat melakukan kegiatan seksual dengan pasangan posisi kakinya terbentang satu sama lain. Cobalah untuk melakukan kegiatan seksual dengan posisi kaki yang berdekatan. Selain bisa mengendalikan otot penis Anda dengan lebih baik, posisi ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih nyaman.

7.       Melakukan variasi penetrasi

Anda bisa mencoba untuk memasukkan penis pada vagina pasangan Anda secara keseluruhan. Sehingga ketika posisi penis sedang keluar masuk, hanya beberapa inci saja jaraknya. Dengan melakukan cara ini, terbukti bisa membantu pria tahan lama dan menghindari masalah ejakulasi.

8.       Menggunakan kondom

Salah satu cara untuk menghindari ejakulasi dini pada pria adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi, kondom. Pilihlah kondom dengan bahan yang sedikit lebih tebal. Hal ini terbukti bisa membantu pria untuk melakukan hubungan seksual dengan aman dan nyaman dengan pasangan.

tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil