Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

mengatasi mual saat hamil


Hamil adalah momen paling membahagiakan yang akan dilalui setiap wanita untuk mendapatkan buah hati. Tetapi ada beberapa wanita yang mengalami rasa tidak nyaman hingga gangguan kesehatan pada waktu hamil. Gangguan kesehatan itu misalnya, berkurangnya nafsu makan, lemah, mual saat hamil, atau muntah pada waktu pagi hari yang sering disebut sebagai morning sickness.

Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas harian para wanita hamil, terutama para ibu bekerja karena tidak akan dapat menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Tapi jangan khawatir, karena rasa mual saat hamil ini bukanlah sesuatu yang berbahaya dan dapat dicegah atau dihilangkan.
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi morning sickness atau rasa mual pada wanita hamil.

Tips untuk mengatasi mual saat hamil


·        Rasa mual yang Anda rasakan sebenarnya adalah akibat dari meningkatnya produksi hormon estrogen yang menyebabkan kadar asam lambung bertambah. Untuk mengatasi hal ini konsumsilah makanan dalam porsi kecil tapi sering. Sediakan selalu biskuit atau snack yang mengandung karbohidrat tinggi dan makanlah sedikit demi sedikit bila rasa mual menyerang.

·         Banyak mengonsumsi buah dan sayur juga dapat membantu meredakan rasa mual Anda. Lagi pula vitamin pada buah dan sayur itu dibutuhkan untuk perkembangan janin agar tumbuh dengan sehat.

·         Hindari makanan yang terlalu berminyak dan berlemak atau minuman yang mengandung kafein dan soda  karena dapat menyebabkan timbulnya rasa mual.

·         Usahakan berada dalam ruangan yang suhunya tidak terlalu panas karena dapat memicu rasa mual. Wanita hamil memang sering merasa kepanasan dan dengan berada di ruangan bersuhu rendah Anda akan merasa lebih nyaman.

·         Minumlah sari jahe dari jahe segar yang dapat dibuat sendiri. Rasa hangat dan baunya yang segar selain dapat meringankan gejala masuk angin, juga dapat mengurangi rasa mual saat hamil. Tapi bagi Anda yang memiliki gangguan lambung, jangan mengonsumsi minuman ini terlalu banyak.

·         Melakukan olah raga ringan juga dapat mengatasi rasa mual saat hamil. Olah raga yang dapat Anda coba adalah jalan santai keliling kompleks pada pagi hari. Jika ingin mencoba olah raga yang lebih berat sebaiknya menunggu hingga umur kandungan Anda sudah cukup atau berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda.

·         Usahakan Anda cukup beristirahat agar dapat bangun tidur dalam kondisi prima sehingga tubuh dapat melawan rasa mual yang timbul. Tidur cukup juga akan membawa pengaruh positif bagi perkembangan janin Anda.

Demikianlah cara-cara yang bisa membantu Anda "mengatasi mual saat hamil". Memang pada kondisi demikian nafsu makan akan hilang, tapi jangan biarkan hal itu menjadi penyebab bayi Anda kurang asupan gizi. Jika tips sederhana di atas tidak dapat mengatasi gejala mual Anda, mungkin sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter langganan untuk memberikan solusi terbaik demi buah hati Anda.

tips sehat anak bayi dan balita