Tips kehamilan dan obesitas

Pengaruh Obesitas pada Kesuburan 

Tips hamil dan obesitas
Tanpa disadari, obesitas atau kegemukan memiliki kemungkinan tinggi untuk mempengaruhi kesuburan seorang wanita seperti kematangan sel telur di tubuhnya dan juga dampak pada proses pembuahan sehingga mungkin wanita obesitas membutuhkan tips kehamilan agar cepat hamil. Untuk mengetahui hasinya secara persis, para peneliti di Academic Medical Center yang terdapat di Amsterdam telah melakukan berbagai usaha untuk melihat hubungan antar obesitas dan tingkat kesuburan wanita secara keseluruhan dan apa saja peluang hamil untuk wanita obesitas. 

Hasil dari penelitian yang berlangsung selama beberapa tahun tersebut atau tepatnya pada tahun 2002 – 2004 ini kemudian dipublikasikan di Journal Human Reproduction tentang tips hamil untuk wanita obesitas. Penelitian tersebut dilangsungkan pada sekitar 3000 pasangan yang ada di 24 rumah sakit terpisah di Negara Belanda. Secara singkat telah ditemukan bahwa wanita dengan Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh lebih dari 30 (atau yang biasa dalam bahasa awam lebih dikenal dengan wanita obesitas), memiliki kemungkinan hamil yang lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang memiliki BMI normal atau BMI sekitar 21- 29.  Paling tidak telah ditemukan bahwa wanita yang obesitas dengan BMI 30 memiliki tingkat kemungkinan hamil yang lebih rendah sebesar 26%, sedangkan mereka yang memiliki BMI 40 memiliki kemungkinan hamil yang lebih rendah lagi, yaitu sebesar 43%.

Penurunan kemungkinan kehamilan ini disebabkan oleh hormone leptin yang biasanya diproduksi oleh jaringan lemak. Lemak membuat wanita obesitas mengalami kerusakan hormone sehingga tingkat kesuburannya menurun dan dapat mengganggu pula proses pembuahan atau ovulasinya. Namun demikian, dalam penelitian tersebut tidaklah diketahui secara detil mengenai kekerapan dari hubungan seksual pasangan tersebut.

Hamil dengan Obesitas

Kita sudah mengetahui bahwa obesitas dapat mengganggu ovulasi dan berbagai masalah kehamilan wanita lainnya sehingga wanita obesitas harus berusaha untuk mengikuti berbagai "tips kehamilan" berikut ini. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para wanita yang mengalami obesitas untuk bisa mendapatkan anak sendiri. Mungkin agak sulit dan membutuhkan disiplin yang cukup tinggi namun demikian, jika sudah berniat untuk mendapatkan anak sendiri, maka hal tersebut pastinya akan dengan senang hati dilakukan. Berbagai tips hamil akan dapat dengan mudah didapatkan dari berbagai sumber. 

Sumber pertama yang mungkin paling sering dijadikan sumber utama adalah internet. Internet memang kaya akan ilmu dan dengan bantuan mesin pencari maka akan mendapat banyak artikel yang diperlukan. Selain itu banyak buku, tabloid, majalah wanita yang mengulas tentang hal ini  yang bisa dijadikan pegangan bagi para wanita obesitas. Ada sebuah panduan yang mengulas secara menyeluruh tentang tips cepat hamil.  yang dapat anda simak. Silakan klik di sini! 

Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat memperbaiki metabolisme tubuh jika Anda merupakan salah satu wanita obesitas yang memiliki keinginan untuk hamil. Cara pertama adalah dengan berolahraga secara teratur. Ini merupakan jalan yang paling efektif untuk menjaga kesehatan metabolisme kita. Memang mungkin olah raga yang Anda lakukan tidak akan menurunkan berat badan secara signifikan, namun demikian paling tidak olah raga dapat menjaga metabolisme sehingga tidak berubah menjadi negative dan tidak sehat secara permanen. Selain itu, asupan makanan bergizi juga akan meningkatkan kesehatan dan memperbaiki tingkat kesuburan.
tips sehat anak bayi dan balita