Sulit Hamil?  TANYA SAYA !  Klik di sini... !

Bagaimana cara agar cepat hamil? kenapa wanita sulit hamil dan apa faktor penyebab dari ketidaksuburan alias infertilitas itu? Faktor yang menyebabkan susah mendapatkan momongan bisa berasal dari pihak suami maupun istri.

Ikuti juga Informasi tentang masalah kewanitaan seperti gangguan haid dan keputihan. Tips cepat hamil, tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui. Bagi ibu di masa hamil juga perlu mengetahui apa masalah dan tips seputar kehamilan dll, semuanya dapat anda baca dengan memilih dari menu yang ada di atas atas.
Home » , » Kenapa susah hamil, apa penyebabnya ?

Kenapa susah hamil, apa penyebabnya ?

Written By steventips sehat on 20130707 | 22.06

Susah hamil? Di dunia ini, siapa wanita yang tidak ingin hamil dan mempunyai keturunan. Bukan hanya wanita, pria juga pasti ingin segera mempunyai keturunan jika usia sudah pada waktunya. Orang tua dan mertua juga sering mendesak kita bagaimanapun cara dan apapun tipsnya untuk cepat hamil dan segera menghasilkan keturunan.

Tetapi sayangnya, kadang untuk bisa hamil itu tidak semudah yang kita bayangkan. Ada pasangan yang mengalami sulitnya mempunyai bayi. Sebenarnya, ada 3 faktor yang mempengaruhi "susahnya mempunyai keturunan" yaitu faktor dari sisi pria, wanita, dan teknis atau cara berhubungan.

Faktor dari pria, yang menyebabkan sulitnya memiliki keturunan yaitu dari segi kualitas sperma yang telah dihasilkan itu sendiri. Mutu sperma biasanya ditentukan oleh gaya hidup. Seorang pria harus memiliki gaya atau pola hidup yang sehat jika ingin bisa menghasilkan sperma yang mimiliki kualitas yang baik. Makan dan minum makanan dan minuman yang sehat. Rajin berolahraga. Dan jangan juga memanasi alat kelamin atau testis. Sperma hanya bisa terproduksi dengan baik dalam suhu 35-37 derajat Celcius.

Dari pihak wanita, yang menjadi penyebab susah hamil yaitu gangguan hormonal. Gangguan pada produksi dan keseimbangan hormon berpengaruh pada proses ovulasi yang pembuahan. Jika produksi hormon reproduksi terganggu, kesuburan wanita akan menurun, menyebabnya sulitnya hamil. Jika sel telur berkualitas rendah, hal ini juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya hamil. Maka dari itu, gaya hidup dan pola hidup sehat sangatlah penting. Makanan bergizi sangat diperlukan agar produksi hormon seimbang. Olahraga juga perlu dilakukan untuk menjaga kesegaran dan kesehatan badan.

Ada beberapa hal lain yang menyebabkan susah punya anak pada wanita. Anda perlu tahu hal-hal berikut ini untuk dapat waspada dan mencegahnya ataupun menanganinya.

  • Yang pertama yaitu masalah alergi pada sperma. Wanita yang mempunyai masalah ini harus mendapat paternal leukocyte immunization. Pada masalah ini, wanita yang memiliki alergi terhadap sperma akan memproduksi hormon antisperma atau antibodi yang akan melawan sperma yang masuk ke dalam tubuh. Ini menjadikan sel telur tidak dapat dibuahi. Sehingga, hormon antisperma harus dilawan dengan cara menyuntikan zat tertentu.
  • Yang kedua yaitu menopause dini. Normalnya, menopause terjadi ketika wanita sudah berumur sekitar 50 sampai 60 tahun. Tetapi jika wanita mengalami menopause dini, dia akan menopause sebelum memasuki usia 40 tahun. Anda tentunya tidak ingin mengalami hal ini bukan? Maka sebisa mungkin Anda menjaga kesehatan Anda.  Menopause dini bisa terjadi karena penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
  • Yang ketiga yaitu sindrom Ovarium Polikistik. Wanita sulit hamil bisa karena mengalami sindrom ini jika hormone androgen terproduksi berlebih. Sehingga akan menggangu proses reproduksi dan siklus menstruasi. Kelebihan hormon androgen menyebabkan munculnya karakteristik pria pada wanita. Jika seorang wanita mengalami ini, lebih baik langsung menemui dokter kandungan agar mendapat solusi dan obat yang sesuai dan membantu. Biasanya Anda harus melakukan diet ketat jika berat badan Anda berlebih.
  • Yang keempat, susah hamil mungkin juga dikarenakan rusaknya saluran telur atau tubafalopi. Tuba falopi berperan sangat penting bagi sel telur yang akan menuju rahim. Saat sel telur sudah dihasilkan oleh ovarium, sel telur tersebut akan dilepaskan ke rahim melewati tubafalopi. Jika tuba falopi rusak, sel telur tidak bisa menuju rahim untuk dibuahi sperma. Rusaknya tuba falopi biasanya disebabkan oleh radang dan penyakit kelamin menular seperti klamidia.
  • Yang kelima yaitu konsumsi minuman dan makanan yang tidak sehat dan obat-obatan tertentu yang bisa menyebabkan susah hamil. Makanan dan minuman yang tidak baik untuk rahim seperti kelebihan alkohol dan kafein dapat mengganggu kesehatan rahim. Kebiasaan merokok juga dapat mempengaruhi kesuburan rahim.
Hal- hal di atas merupakan pengaruh sulitnya mempunyai keturunan dari pihak wanita maupun pria. Jika Anda tidak memiliki masalah-masalah seperti di atas, pengaruh mungkin datang dari faktor teknis berhubungan. Sebaiknya ketika Anda akan melakukan hubungan intim, Anda harus dalam kondisi sehat, dan senang, tidak stress. Stress akan mempengaruhi produksi hormon tidak seimbang yang memicu penyebab wanita susah hamil.

Bila Anda mencari informasi tentang tips cepat hamil atau program kehamilan yang lengkap, tepat dan efektif, silakan klik website ini: www.cepathamil.web.id

buku tips hamil

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Followers